Rabu, 09 Maret 2011

Sebuah upaya memperbaiki sebuah proses belajar...

Presentasi matematika membantu siswa untuk lebih memahami materi lebih mendalam.  Tahap awal metode ini adalah dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok, menentukan tugas tiap kelompok, yaitu materi yang akan siswa pelajari dalam kelompok dan presentasikan.  Selama persiapan presentasi, kelompok yang mendapat giliran presentasi mendapat bimbingan dari guru yang bersangkutan.  Video berikut adalah sedikit cuplikan pelaksanaan metode ini:

Selasa, 01 Maret 2011

Membuktian rumus perbandingan trigonometri.........

Akhirnya sampai juga materi bab berikutnya, trigonometri...usai berkutat dengan materi logika yang membingungkan...lalu ditambah dengan stress menghadapi hasil tes kompetensi yang dibawah kkm (harus remedial), aku coba ajak siswa-siswaku untuk belajar langsung dengan contoh nyata untuk membuktikan perbandingan trigonometri.

Alat dan bahan yang diperlukan:
- 5 batang kayu atau bambu berukuran berbeda
- tali plastik atau benang untuk mengikat
- meteran atau penggaris panjang
- busur derajat (berukuran besar)
- tabel matematika/kalkulator scientific
- Alat tulis






Langkah-langkah:
  • Tancapkan batang bambu di tanah, ikatkan tali atau benang pada ujung batang tersebut, tarik ke sampai tanah.
  • Batang yang ditancapkan tadi dengan tanah dan tali membentuk segitiga siku-siku. Ukur batang kayu sebagai sisi depan, jarak batang kayu dengan tali sebagai sisi samping dan panjang tali yang diikatkan sebagai hipotenusa, ukur pula sudut yang terbentuk antara tali dengan tanah.
  •  Catat pada tabel yang terdapat dalam lembar kerja.
  •  Ulang langkah di atas pada batang kayu ke 2, 3, dst.
  •  Catat nilai fungsi trigonometri (sinus, cosinus, tangen) setiap sudut yang didapat menggunakan tabel matematika/kalkulator, hitung nilai perbandingan trigonometri menggunakan rumus, bandingkan hasil yang diperoleh dengan nilai fungsi menggunakan tabel/kalkulator.